Misteri Mumi Chinchorro, Mumi Paling Modern

Posted by

     Sekumpulan masyarakat yang sering disebut dengan Kaum Chinchorro ternyata hidup di padang gersang di gurun pasir Atacama, Chili menjadikan mereka gemar memburu dan mengumpulkan makanan. Tersebar di kawasan pantai utara Chili dan Selatan Peru, mereka banyak meninggalkan sejarah kebudayaan yaitu salah satunya ribuan perkuburan dangkat di Gurun Atacama.

     Menurut Pablo Marquet dari Pontifical Catholic University of Chile di Santiago,metode mumifikasinya yakni pertama dikuliti, kemudian dengan mengambil organ-organ dalam mayat dan digantikannya dengan tanah liat, tanaman, maupun kayu-kayuan. Setelah itu mereka memasangkannya lagi kulit tersebut dan diberi war hitam atau merah, kemudian wajah ditutupi dengan tanah liat yang dikeringkan.
     Penelitian masih dilakukan, mengapa manusia Chinchorro melakukan metode mumifikasi seperti itu. Untuk ukuran manusia Chincoro yang terbilang masih kuno bagaimana bisa melakukan metode se modern itu pada zaman itu.


     Dijelaskan oleh Max Uhle seorang arkeolog Jerman yang lama bekerja di Peru dan Chili, metode mumifikasi kaum Chinchorro sangat detail. Beliau mengindikasikan masyarakat Chinchorro kebanyakan pemakan seafood, seperti mamalia laut, burung laut, dan ikan. Hasil analisa isotop terhadap rambut dan tulang mumi, juga mengindikasikan bahwa 90% makanan orang Chinchorro adalah hasil laut, 5% hewan terestrial, dan 5% tumbuhan terestria.


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 10:46:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts