Planet-Planet di Galaksi Bima Sakti Aman untuk dihuni

Posted by


     Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan pada Monthly Notices of the Royal Astronomical Society menunjukkan bahwa miliaran bintang Bima Sakti memiliki 1 sampai 3 planet di zona layakuntuk dihuni, yang berarti terdapat adanya zat cair semacam air pada permukaan planet tersebut.

     Hal ini dijelaskan oleh peneliti dari Australian National University dan Niels Bohr Institute di University of Copenhagen yang didasarkan pada hukun Titius-Bode(hukun memprediksi jarak antar Planet dalam tatasurya).

     Daerah hunian (habitable zone) didefinisikan sebagai tempat dalam suatu rentang jarak tertentu dari bintang induk yang memungkinkan keberadaan air, dalam wujud cair, di permukaan planet pengiringnya. Secara teori, kondisi yang memungkinkan dijumpainya air dalam fase ini akan mendukung munculnya "benih-benih kehidupan". Air dalam wujud cair merupakan pelarut terbaik yang akan memungkinkan berlangsungnya reaksi dari berbagai unsur maupun senyawa kimia yang ada. Karena itu, tidak mengherankan bila keberadaan air dalam fase ini dijadikan pertanda yang akan memberikan harapan bagi kemunculan suatu bentuk kehidupan.

     Untuk dapat menjadi tempat hunian yang ideal, satelit-satelit tersebut harus memiliki atmosfer. Bumi, satunya-satunya planet di Tata Surya yang hingga kini mampu memberikan daya dukung bagi tumbuh-kembang berbagai bentuk kehidupan, memiliki atmosfer yang moderat. Bulan sebagai satelit alami Bumi dengan massa sekitar 1/100 kali massa Bumi justru tidak memiliki atmosfer sama sekali. Dari sini, satelit-satelit extrasolar planets tersebut harus jauh lebih besar daripada ukuran Bulan kita, setidaknya seukuran satelit-satelit terbesar dari planet-planet raksasa di Tata Surya.





      Syarat suatu planet agar bisa untuk dihuni yakni jika dalam permukaan sebuah planet terdapat air yang tentunya mendukung untuk kehidupan kita. Jika planet terlalu dekat dengan bintangnya, maka artinya air menguap. Jika terlalu jauh, artinya air membeku. Suhu suatu planet lah yang menentukan apakah air tersebut tetap dalam keadaan cair atau menguap/membeku.


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 10:22:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts