Ada Lautan Badai di Gugusan Sagitarius

Posted by

   


     Pada Juni 2015 ini, NASA badan antariksa dunia merilis sebuah penampakan mengejutkan di gugusan sagitarius, terlihat tampak sebuah badai besar seperti badai awan panas terjadi di planet tersebut. Teleskop NASA/ESA Hubble Space menunjukan pada sebuah Pusat Lagoon Nebula, yakni daerah dengan angin yang sangat kuat yang terbenuk dari bintang panas, bergerak seperti seperti saluran gas, yang terdiri dari bintang bintang tak beraturan, semua berkumpul dalam satu kabut gas yang hitam dan gelap gulita.

     Bintang terang  yang diduga sebagai pusat daripada Lagoon Nebula ini terletak di tengah gambar ini dikenal sebagai Herschel 36. Bintang ini bertanggung jawab untuk semua awan sekitarnya, mengupas material dan mempengaruhi bentuknya. Herschel 36 adalah sumber utama radiasi pengion untuk ini bagian dari Lagoon Nebula.

     Bagian tengah Lagoon Nebula ini terdiri dari dua struktur utama gas dan debu yang terhubung oleh lapisan tornado tipis, dibungkus dalam bentuk corong dengan perbedaaan suhu dimana suhu permukaan panas dan suhu didalamnya dingin. Lagoon Nebula juga aktif dalam membentuk bintang baru, dimana setiap bintang baru ini berpotensi untuk membentuk putaran angin puyuh baru pula.

     Nebula sering ditentukan berdasarkan karakteristik utamanya, seperti contoh The Ring Nebula (heic1310), The Horsehead Nebula (heic1307), The Butterfly Nebula (heic0910) dan NASA/ESA Hubble Space Telescope menunjukan hasil terbarunya yaitu The Lagoon Nebula, atau sering dikenal dengan Messier 8 dalam konstelasi sagitarius(The Archer).


Sumber: www.nasa.gov


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 9:41:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts