10 Manfaat Madu yang Harus Anda Ketahui

Posted by

madu untuk penyakit, manfaat madu, madu murni


Madu merupakan cairan kental dan rasanya manis yang dihasilkan dari lebah maupun serangga tertentu dari nektar bunga yang dilanjutkan dengan proses yang dilakukan oleh serangga di sarangnya. Rasa manis madu sendiri berasal dari unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Madu memiliki rasa yang hampir sama dengan gula, namun begitu dua benda ini sangatlah berbeda satu sama lain dan madu madu ini pula gula terkandung. Meskipun begitu, kandungan gula dalam madu sangat sedikit berkisar sekitar 1.5% nya saja dan lebih di dominasi oleh fruktosa dan glukosa.

Sudah dari dulu para ilmuwan menguji zat yang terkandung dalam madu sendiri, dan diyakini banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan daripada madu itu. Berikut 10 manfaat madu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mencegah Perkembangan Kanker maupun Serangan Jantung
Madu memiliki banyak unsur zat didalamnya dan salah satu unsur zat yang memiliki fungsi yang sangat penting yaitu zat yang bernama Flovonoid, yang mana antioksidan ini membantu mencegah perkembangan sel kanker dan serangan jantung.

2. Mencegah Diabetes
Kandungan gula yang sangat sedikit dalam madu bisa dijadikan pengganti gula itu sendiri, dimana gula adalah pengaruh utama dalam penyakit diabetes.

3. Mengobati Alergi
Menurut para ilmuwan madu mengandung jejak dan sisa serbuk sari bungan yang berfungsi untuk mengobati alergi-alergi terhadap sesuatu. Meskipun begitu belum ada studi tertentu yang mengatakan hal ini.

4. Memetabolisme Tubuh
Menurut penilitian yang dilakukan NYU Langone Medical Center, diketahui bahwa madu memberikan efek peningkatan metabolisme pada tubuh sehingga mudah dalam mencegah racun dan alkohol.

5. Mengobati Sakit Tenggorokan dan Batuk
Unsur zat Dekstrometofan yang terkadung dalam madu mampu mengurangi rasa batuk. hal ini di dasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine kepada seratusan anak.
Madu juga sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit tenggorokan.

6. Menyembuhkan Pilek dan Sakit Gigi
Dalam hal ini madu bisa digunakan untuk mengobati pilek dengan cara meminumnya yang dicampur dengan air hangat. Semakin sering meminumnya juga semakin cepat pula sembuhnya. untuk sakit gigi bisa berkumur dengan madu murni.

7. Menyembuhkan Sakit Perut
Selain untuk menyembuhkan pilek, minum madu dicampur dengan air hangat ternyata bisa untuk menyembuhkan sakit perut.

8. Cepat Mengeringkan Luka
Dalam studi sudah dibuktikan kalau madu bisa membunuh bakteri secara cepat, juga bisa menjaga luka steril sampai sembuh.

9. Sebagai Sumber Nutrisi Kompleks
Kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang banyak pada madu bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Jadi meminum madu sudah mendapat asupan zat besi yang cukup.

10. Meningkatkan Stamina Tubuh
Madu memang sangat berguna bagi tubuh saat sudah merasa lelah, dimana perannya bisa meningkatkan stamina pada tubuh.

Sebenarnya masih banyak manfaat daripada madu itu, salah satunya bisa meningkatkan perkembangan cara berfikir karena banyak zat besi yang baik untuk perkembangan otak itu sendiri. Sangat baik untuk anak-anak. (Baca Juga Tips Ampuh Menjadikan Kita Pintar)

Namun kita harus berhati-hati dalam membeli madu sendiri. Dalam beberapa kasus, sudah banyak diungkapkan kalau sekarang madu palsu pun banyak beredar di masyarakat. Sangat susah dalam membedakan madu murni dengan madu asli, namun begitu susah bukan berarti tidak bisa dibedakan.

Salah satu cara perbedaannya yaitu, madu asli/murni kandungan air nya sangat sedikit. Sementara madu palsu masih terdapat kandungan air yang cukup banyak.

 
referensi: wikipedia.org
                 manfaat.co.id


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 9:12:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts