5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Sembelit pada Anak

Posted by


sembelit anak, anak sembeli shaklee, obat sembelit anak, sembelit sampai berdarah
foto: google

Kebutuhan anak balita memang berbeda dengan kebutuhan yang sudah besar dimana dalam segi makanan pun harus memilah mana yang cocok untuk kebutuhan si kecil. Dalam hal ini anak balita juga akan suka pada makanan yang itu-itu saja dan tidak bersifak umum.

Hal itulah yang akan menjadi potensi anak terserang sembelit. Sembelit yaitu suatu keadaan dimana sesorang akan sulit dalam melakukan buang air besar akibat gangguan pencernaan.

Maka dari itu sebagai orang tua juga harus bisa menjaga asupan pada si kecil dan harus tahu makanan apa saja yang akan berpotensi menjadi penyebab terjadinya sembelit seperti berikut ini.

1. Susu
Susu memang banyak mengandung nutrisi dan zat besi yang baik untuk anak. Namun yang dimaksudkan yaitu susu rendah serat yang bisa erangsang usu agar dapat melakukan proses pembuanan lebih baik.  Namun jika seorang anak alergi pada protein susu, hal inilah yang ada menjadi potensi akan terkena sembelit.
 2. Yoghurt
Yoghurt adalah susu asam yang merupakan hasil fermentasi dari susu. Seperti halnya susu, yoghurt sendiri bisa menyebabkan sembelit pada anak. Jadi berikan asupan yoghurt kepada anak sedikit demi sedikit dan jangan terlalu sering.

3. Nasi Putih
Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk anak. Tapi perlu diketahui bahwa nasi putih memiliki kandungan serat yang sedikit dimana saat si kecil mengkonsumsi secara banyak akan menyebakan sembelit.

Untuk asupan anak balita lebih baik menggunakan nasi merah yang kaya akan karbohidrat serta memiliki kandungan serat yang banyak.

4. Pisang
Sebenarnya pisang adalah makanan yang direkomendasikan untuk seorang anak dimana peran pisang sangat berarti untuk mengatasi penyakit diare. Namun perlu diketahui jika pisang akan membuat 'tinja' akan menjadi keras, dan bisa berpotensi sembelit.

5. Keju
Sama halnya dengan Susu dan Yoghurt mengkonsumsi keju secara berlebihan akan mengakibatkan sembelit. Diupayakan porsi makanan buah dan sayuran lebih banyak ketimbang keju agar terhindar dari sembelit.


(Tabloid Nakita via Kompas.com/nationalgeographic.co.id)


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 9:14:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts