Bahaya Olahraga Berlebihan Berakibat Fatal

Posted by


olahraga, kesehatan, banyak olahraga, efek olahraga
 foto: google/idntimes.com




Memang benar kalau berolahraga itu bisa menjaga kesehatan, fisik pun akan kuat begitu juga pernapasan akan akan, aliran darah akan lancar dan banyak lagi manfaatnya.

Namun sebuah studi yang dilakukan oleh University of Ultah di Salt Lake Citydan Loyola University Medical Center di Maywood yang  mengemukakan bahwa olahraga berlebihan itu pula yang akan mengakibatkan efek-efek yang berbahaya.

1. Osteoarthritis
Disebut juga dengan penyakit degenerasi sendiri, yaitu suatu keadaan yang mengakibatkan sendi-sendi pada tubuh mengalami pembengkakan dan salah satu penyebab terjadinya Osteoarthritis yaitu karena olahraga yang berlebihan.

2. Kesehatan Mental
Olahraga memang ditujukan untuk membentuk karakter dan fisik tubuh seorang individu. Namun hal itu pula yang dalam banyak kasus mengakibatkan depresi pada dirinya sendiri.

3. Masalah Menstruasi
Kegiatan olahraga berlebihan akan mengakibatkan siklus menstruasi perempuan tidak teratur. Hal lain bisa saja dikarenakan asupan gizi yang kurang dan kesehatan tubuh.

4. Gangguan Makan
Mereka yang peng-olahraga berat dalam pikiran mereka hanya olahraga, makan tak heran banyak dari mereka yang akhirnya mengesampingkan asupan makan teraturnya dan akhirnya malah mengalami gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia.

5.Efek Kelelahan
Olahraga yang berlebihan akan membuat tenaga terkuras sehingga fisik dan mental pun akan mengalami kelelahan pula hingga akhirnya dapat berpotensi mengalami sindom kelelahan kronis.

6. Kesehatan Jantung terhambat
Saat berolahraga detak jantung lama kelamaan akan bertambah dan olahraga berlebihan memaksa jantung kembali ke detak yang normal. Ini akan sangat berbahaya apabila seseorang mengalami masalah dengan kesehatan jantung.

7. Otot Sakit
Olahraga berlebihan bisa saja akan berdampak pada otot sakit yang berkelanjutan. Jika hal ini sudah terjadi maka selangkan watu untuk istirahat dan mulai mengatur ulang cara berolahraga nya.

8. Masalah Tidur
Ketika otot-otot bekerja berlebihan in akan memberikan efek gelisah dab akhirnya sulit untuk tidur pulas.

9. Kekebalan tubuh Berkurang
Olahraga tubuh berlebihan dapat menekan sistem kekebalan tubuh kita. Hal inilah yang akhirnya nanti bisa menyebabkan tubuh kita terserang infeksi virus dan bakteri.

10. Sakit Punggung
Olahraga juga akan banyak menekan otot punggung dan berpotensi untuk sakit punggung pula.


sumber: Heathline via kompas.com/nationalgeographic.co.id


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 8:24:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts