Manfaat Bersin Bagi Kesehatan Manusia

Posted by

foto: photobucket
   

Bersin adalah proses keluarnya udara semi otonom lewat hidung dan mulut. Istilah sains menyebutkan bahwa bersin merupakan reaksi menyesuaikan karena adanya gangguan asing dan ingus pada rongga hidung. Saat bersin, lelangit ("palate") lembut dan uvula lendut sementara belakang lidah naik untuk menutup sebagian rute ke mulut agar udara yang disingkirkan dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Oleh karena penutupan muluh adalah sebagian, sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut.

     Ada beberapa tanggapan berbeda oleh oleh masyarakat di dunia ini. Di beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang menyatakan pernyataan itu berarti bahwa pernyataan tersebut pasti benar karena diyakini langsung dari Tuhan. Di Jepang, kalau ada orang yang bersin itu dikaitkan bahwa ada sesorang yang jauh yang sedang membicarakannya dibelakang orang bersin dengan cara menjelek-jelekkannya. Sementara di India, orang yang bersin dipercaya orang tersebut sedang dikangeni orang yang disayang.

    Bersin sering dikaitkan dengan banyak penyakit seperti flu, influensa, atau penyakit pernapasan semisal rhinitis dan selesma.

    Namun tahukah kalau bersin sendiri menurut ilmu kedokteran dan menurut ilmu keislaman sendiri banyak mengandung manfaat karena dengan bersin ini sejumlah hal seperti debu, haba'(sesuatu yang kecil, di uadara, yang hanya terlihat ketika ada sinar matahari), atau kutu, atau mikroba yang terkadang masuk ke dalam organ pernapasan akan keluar semua akibat reaksi bersin.

    Maka dari itu dibeberapa negara sendiri banyak cara dalam menanggapi setiap orang yang bersin. Di negara berbahasa Inggris seseorang yang bersin kenudian dijawab dengan "God Bless You (Tuhan Memberkatimu). Di Spanyol dikatakan "Salud" yang berarti kesehatan. Sementara dalam negara Islam sendiri saat orang bersin, orang yang lain bersahutan menjawab Alhamdulillah, kemudian dilanjutkan dengan membaca Yarkhamukallah. Rasulullah bersabda, dari Abu Musa Al-Asy'ari:

“Ababila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, “alhamdulillah” sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, “yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, “yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu).” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033).


Referensi: http://id.wikipedia.org


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 7:25:00 PM

1 komentar:

Langganan

Popular Posts