Minyak Zaitun Mampu Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Posted by

minyak zaitun, manfaat minyak zaitun, kanker payudara
foto: google

Kabar baik bagi para perempuan di Indonesia dan dunia yang menderita kanker payudara, karena menurut studi minyak zaitun terbukti mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Seperti diketahui bahwa kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Di Amerika sendiri kanker payudara menjadi penyebab kematin terbanyak kedua dengan angka kisaran angka kematian sebesar 232.000 orang pertahun.

Studi tersebut dilakukan di Spanyol yang melibatkan sekitar 5000an wanita terkena kanker. Dengan cara membagi dua kelompok, dimana kelompok pertama diberi makanan sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Sementara kelompok satunya diberi suplemen dari minyak zaitun yang berkualitas tinggi.

Setelah itu tiap kelompok diberi takaran makanannya yakni kelompok zaitun diberi 1 liter perminggu, dan kelompok kacang-kacangan diberi 15 gram kacang kenari, 7,5 gram buah, dan 7,4 kacang kemiri.

Dan hasilnya sangat mengejutkan dimana sekitar 68% pelaku diet minyak zaitun ini menunjukkan menurunnya resiko kanker payudara dibandingkan dengan kelompok lainnya tadi.

Sebenarnya studi ini ditujukkan lebih untuk mempelajari dampak diet mediterania terhadap penyakit jantung. Jadi belum ada keputusan resmi apakah dampak positif terhadap menurunnya kanker payudara ini akibat efek minyak zaitunnya sendiri atau karena diet nya secara keseluruhan.

Menurut pakar ilmuwan dari Universitas Navarra, Pomplama, Spanyol ini belum bisa menentukan secara keselurahannya karena banyaknya keterbatasan. Namun diyakini bahwa hal mampu untuk mengatasi kanker payudara.

Minyak zaitun juga banyak memiliki kegunaan diantaranya bisa mencegah kolesterol, mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi.


sumber: voaindonesia.com


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 11:09:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts