Ternyata di Bulan Juga Terjadi Gempa

Posted by

bulan purnama, keajaiban di bulan, planet dan bulan, bulan purnama, gerhana bulan, bulan sabit, bulan merah, supermoon,

Siapa sangka benda nan jauh di antariksa sana ternyata bulan memiliki kesamaan berupa gempa-gempa layaknya di bumi kita ini.

Peneliti Dr. Brigitte Knapmeyer-Endrun dan tim dari Max Planck Institute for Solar System Research mengungkapkan lewat analisis data yang dihasilkan dari misi Apollo oleh NASA bahwa di bulan telah terjadi banyak sekali gempa dan itu sangat beragam.

Pada tahun 1969, astronot Neil Amstrong dan Buzz Aldrin lewat misi Apollo 11 nya saat ke bulan membawa alat pendeteksi aktivitas seismik dan kemudian memasangnya disana.

Dari itu semua akhirnya NASA mulai membangun stasiun seismik di bulan yang beroperasi pada tahun 1972 sampai akhi tahun 1977 dimana dari stasiun seismik tersebut banyak sekali merekam data getaran tremor yang terjadi di bulan untuk di kirim ke bumi.

Baca Juga Fenomena Gerhana Bulan 'Supermoon' di Tahun 2015

Sebanyak 28 gempa tremor berhasil diungkapkan dengan kekuatan magnitudo sebesar 5,5 dimana gempa di bulan sendiri sangat beragam mulai dari yang memiliki kedalaman 700 Km di bawah permukaan bulan, sempa dangkal, gempa akibat meteor dan gempa akibat pemuaian kerak bulan.

Para peneliti juga mulai mengembangkan kasus ini dengan mencoba menggunakan perhitungan algortima terbaru yang mana algritma ini mampu mengidentifikasi kasus gempa yang sebelumnya belum terpechkan. Juga untuk mengecek ulang data gempa yang sebelumnya sudah terjadi dengan perhitungan yang lebih akurat.

Dengan algoritma tersebut KnapMeyer telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 13.000 gempa yang terjadi di bulan. Juga berhasil mengungkap 210 peristiwa yang dulunya belum bisa tteridentifikasi.

NASA sendiri juga akan mengembangkan alat seismometer canggih lewat Insight Lander di Planet Mars dimana alat ini bisa merekam kejadian gempa dan mengirimnya ke bumi dengan sangat cepat.


kompas.com


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 7:28:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts