Lima Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Posted by

mandi di kolam, mandi segar, air dingin, segar, main sabun

Kebanyakan orang saat akan mandi akan malas ketika mengetahui bahwa air yang akan dipakai ternyata dingin. Hal inilah yang membuat seseorang cenderung memilih air hangat sebagai jamuan mandinya dalam setiap hari.

Sebenarnya tidak masalah jika mandi dengan air hangat. Namun adakalanya kita juga harus mandi menggunakan air dingin karena alasan-alasan berikut ini sangat bermanfaat.

1. Mencerahkan Suasana Hati
Sebuah penelitian yang juga diterbitkan dalam jurnal Medicak Hypotheses mengungkapkan bahwa mandi dengan menggunakan air ber suhu 20 derajat celcius akan meningkatkan susana hati. Hal ini didukung oleh pernyataan psikiater Sheenie Abarta dari Beverly Hills yang mengatakan bahwa hidroterapi dengan air dapat meningkatkan kadar beta-endorphin dan noradrenalin pada darah dan otak sehingga menimbulkan efek anti depresan pada suasana hati.

2. Meredakan Nyeri Otot
Menurut spesialis pendinginan tubuh Henry Halse, bahwa mandi dengan air dingin dapat menyembuhkan otot yang kaku setelah beraktivitas berat dengan cara memancurkan air dingin pada daerah peradangan otot dan nyeri selama beberapa menit.

3. Mengencangkan Kulit
Suhu dingin pada air akan sangat berpengaruh terhadap kulit dan pori-pori nya sehingga menjadi kencang, tidak merah-merah, dan tetap halus. Namun yang terlebih dahulu dilakukan yaitu membersihkannya dengan menggunakan air hangat kemudian basuh dengan air dingin.

Baca Juga: Cara Sederhana Hidup Panjang Umur

4. Rambut Lebih Bersinar
Penggunaan air hangat dalam mandi akan mempengaruhi kutikula rambut sehingga bisa nampak lebih kering. Sebaliknya, dengan memakai air dingin mampu meratakan folikel rambut dan mengunci kegelapan sehingga rambut akan tetap bersinar dan halus.

5. Mengurangi Stres
Semprotan air dingin pada wajah akan membuat tubuh menjadi rileks dengan cara memperlambat detak jantung. Sementara penggunaan air dingin dalam secara teratur akan menunjukkan toleransi terhadap rasa stres pada diri.


CNN


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 7:56:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts