Masalah Sampah Selesai Berkat Mahluk Si 'Pemakan Plastik' ini

Posted by


masalah sampah, pengetahuan, berita unik, kumpulan berita unik, ulat tepung, sampah, sterofoam

Plastik merupakan sampah yang sangat banyak penggunaannya di dunia ini. Begitu pula dalam masalah penguraiannya, sampah non organik ini sulit untuk diurai. Maka tak heran negara-negara di seluruh dunia berlomba-lomba mencari solusi terbaiknya dalam mengurangi sampah ini.

Baru-baru ada kabar gembira mengenai cara dalam penguraian sampah non organik. Wei Min Wu dari Stanford University mengungkapkan bahwa ulat tepung mempunyai hobi makan sampah plastik berbahan polistirena.

Menurutnya ulat tepung mampu memakan plastik berbahan sterofoam dan diubah menjadi karbondioksida serta butiran materi kecil lainnya. Tak hanya itu Wei Min juga menungkapkan bahwa ulat tepung yang makan sterofoam dan ulat tepung yang makan biji-bijian akan memiliki tingkat kesehatan yang sama.

Studi tersebut dilakukan dalam dua tahap dimana tahap pertama Wei Min memberikana 34-39 miligram sterofoam kepada 100 ulat tepung dan tahap kedua Wei Minmenggunakan mikroba yang diletakkan dalam saluran pencernaan ulat tepung.

Hasilnya pun memuaskan dimana ulat mampu menghabiskan bahan plastik tersebut meskipun prosesnya tidak begitu cepat.

Dengan temuan inilah semua berharap bahwa masalah plastik di dunia ini bisa diatasi dengan cepat, sehingga tidak ada lagi yang namanya masalah plastik, masalah penumpukan plastik, dan masalah-masalah lain yang disebabkan sampah non organik ini.

Kedepannya Wei Min juga akan meneliti tentang organisme semacam ulat tepung yang berada di laut, sehingga nantinya bisa digunakan untuk menyelesaikan tentang masalah sampah yang ada di laut itu pula.


kompas.com


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 8:21:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts