Penyebab Kulit Tidak Merata dan Cara Mengatasinya

Posted by


kulit tidak rata, kulit kusam, kulit kering, kulit berminyak, bintik hitam, cara mengatasi kulit kering

Pernahkah anda merasakan bahwa kulit anda tidak merata ? Kalau memang iya, itulah salah satu tanda kulit tidak sehat. Hal seperti itulah yang kadang bagi kebanyakan orang akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Fitria Amalia Umar, salah satu yang menjadi penyebab utama kulit tidak merata adalah karena ketidak seimbangan hormon pada kulit yang mengakibatkan timbulnya warna kulit yang tidak merata pada tempat-tempat tertentu.

Hal inilah yang juga sering terjadi pada wanita yang hamil dan wanita lanjut usia (menopause) karena mengalami perubahan jumlah hormon tidak sama.

Kata Fitri perubahan warna kulit pada wanita hamil juga ditandai dengan leher menjadi gelap, lipatan di perut juga, serta wajah juga nampak hitam.

Sementara pada wanita lanjut usia (menopuase) disebabkan karena hormon estrogennya drop sehingga mengakibatkan elastisitas kulit berkurang dan warna tidak merata.

Baca Juga: Formula Krim Anti Penuaan Telah Ditemukan

Ditambahkan lagi sinar matahari langsung juga berpengaruh pada perubahan kulit, karena sinar ultraviolet dapat mengubah intensitas kulit menjadi hitam, kusam, kering dan berminyak serta paparan sinar matahari ditambah perubahan hormon akan memberikan efek bintik hitam pada kulit.

Jika semua masalah ini sudah terjadi maka pencegahan dengan segera harus dilakukan agar nantinya juga kualitas kulit tidak semakin rusak. Beberapa hal ini bisa dilakukan agar kesegaran kulit tetap terjaga seperti

1. Menjaga tingkat hidrasi kulit dengan cara minum air putih teratur dan lebih dominan
2. Cuci wajah dan mandi dengan menggunakan air dingin dan sabun pelembut sesuai kebutuhan kulit.
3. Rajin berolahraga dan minum vitamin C dan E
4. Perbanyak minum jus buah dan sayur
5. Oleskan pelembab pada bagian kulit secara merata dan setiap hari

Untuk penggunakaan bahan-bahan seperti sabun, pelembab dan sebagainya harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit agar nantinya tidak menimbulkan kontra dengan kulit. Namun semuanya lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter kulit agar bisa mengetahui kebutuhan kulit masing-masing individu.

Dengan melakukannya secara teratur dan tlaten pastilah kulit agar terjaga kelembutan dan kesegarannya.


(cnnindonesia)


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 1:08:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts