Spesies Baru Tanaman Abadi ditemukan Di Thailand

Posted by

tanaman abadi, tanaman obat, spesies baru, pisang langka

Tumbuhan yang merupakan mahluk hidup penghasil oksigen terbanyak ternyata ada yang hidup abadi. Hal ini yang setidakya diketemukan di Thailand.

Spesies baru tanaman abadi tersebut yaitu tanaman pisang liar dimana spesies tersebut masuk kedalam genus Musa, genus besar dalam keluarga Musaceae yang mencangkup lebih dari 70 spesies pisang.

Tanaman yang memiliki tinggi sekitar 1,5 sampai 3 meter ini diberi nama ilmiah Musa Nanesis dimana nama ini diambil dari tempat ditemukannya spesies pisang ini yakni di kawasan provinsi Nan, Thailand Utara. Namun masyarakat sekitar lebih mengenal dengan nama Kluai Si Nan (Pisang Kebanggan Nan).

Musa Nanesis ditemukan diketinggian 835m di hutan cemara kering di sebuah lembah hutan yang terletak di Tambon Dong Phaya, Ampoe Bo dari Changwat Nan, Thailand.

Seperti dikatakan Dr. Sasivimon Swangpol dari Mahidol university kenapa pisang ini disebut tanaman abadi karena hampir setiap tahun tanaman ini bisa berbunga dan menghasilkan buah yang berukuran sekitar panjang 7 cm dan lebar 1,5 cm.

Baca Juga: Tanaman Obat dan Manfaatnya yang Ada Di Sekitar Kita

Dengan bentuk lurus agak panjang, pisang ini setiap tandan memiliki 3-10 sisir dan setiap sisinya memiliki sekitar 4-10 biji buah pisang.

Ditambahkan lagi oleh Dr Swangpol bahwa Musa Nanesis memiliki permukaan daun yang lebih lebar dibanding spesies Musa yang lainnya. Selain itu, Musa Nanesis memiliki berbagai bentuk sel epidermis dengan sel hypodermal yang tentunya relatif lebih panjang di bawah daun.

Tanaman ini sudah dikonfirmasi oleh IUCN dan pemerintah Thailand bahwa ini salah satu tanaman yang mengalami deferostasi berat dan fragmentasi yang terancam punah. Maka dari itu akan dilakukan tindakan konservasi sesegera mungkin untuk pencegahan.

NGI


Follow And Join

Social Media Widget SM Widgets




Info Trik Asik Blog Updated at: 8:28:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Langganan

Popular Posts